Berita berasal dari bahsa sansekerta “Vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut “Write” yang arti sebenarnya adalah “Ada” atau “Terjadi”.Ada juga yang menyebut dengan “Vritta” artinya “kejadian” atau “Yang Telah Terjadi”.Menurut kamus besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. News (berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah berita adalah sesuatu yang baru yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau pendengar. Dengan kata lain, news adalah apa yang surat kabar atau majalah cetak atau apa yang para penyiar beberkan.

Pengertian berita menurut  beberapa ahli

-Dean M. Lyle Spencer-

Berita adalah suatu kenyataan atau ide yang benar yang dapat menarik perhatian sebagian besar dari pembaca.

-Willard C. Bleyer-

Berita adalah sesuatu yang termasa ( baru ) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu ia dapat menarik atau mempunyai makana bagi pembaca surat kabar, atau karena ika dapat menarik pembaca – pembaca tersebut.

-William S Maulsby-

Berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

-Eric C. Hepwood-           

Berita adalah laporan pertama dari kejadian yang penting yang dapat menarik perhatian umum

-Dja’far H Assegaf-

Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termasa ( baru ), yang dipilih oleh staff redaksi suatu harian untuk disiarkan, yang dapat menarik perhatian pembaca. Entah karena luar biasa, entah karena pentingnya, atau akibatnya, entah pula karena ia mencakup segi – segi human interest seperti humor, emosi dan ketegangan.

– J.B. Wahyudi-

Berita adalah laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru dan dipublikasikan melalui media massa periodik.

-Amak Syarifuddin-

Berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.

-Adi Negoro-

Berita adalah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.

-Neil McNeil- (pembantu utama redaktur malam New York Times)

Berita adalah gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar yang memuatnya.

-Charles A. Dana- ( editor New York Sun)

Berita adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik bagi pembacanya dan berita terbaik dinilai kemenarikannya bagi para pembaca.

-Bastian- (pengedit Daily News)

News is the record or the most interesting, important and accurate information containable about thinks, man thinks and say, sees and describes, plans and does.

-Gerarld W. Johnson- (The Battimore Evening Sun)

Berita adalah penyebab dari macam-macam peristiwa yang dijadikan pertimbangan utama oleh orang surat kabar untuk menulis dan mengumumkannya demi memperoleh kepuasan hatinya.

-Catledge Turner- (New Yok Times)

Berita adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin.
Mochtar Lubis (sastrawan, budayawan, dan wartawan Indonesia)
Berita adalah apa saja yang ingin diketahui banyak orang dan membacanya.

-United Press Nation- (perkumpulan pers di Amerika)

Berita adalah segala sesuatu dan apa saja yang menimbulkan minat akan kehidupan dan barang-barang dalam segala manifestasinya.

-Robert Tyell-

Berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, mempengaruhi orang banyak, dan mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.

-Paul De Massenner-.

“Informasi yang penting dan menarik perhatian serta minat khalayak pendengar,”

-James M. Neal.-

“Laporan tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi, interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus secepatnya disampaikan kepada khalayak,” “Apa saja yang ingin dan perlu diketahui orang atau lebih luas oleh masyarakat,” kata Doug Newsom dan James A. Wollert.

Michael V. Charnley.

“Laporan tercepat mengenai fakta dan opini yang menarik atau penting, atau kedua-duanya, bagi sejumlah besar penduduk,” “Sesuatu yang termasa yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar, karena menarik minat atau mempunyai makna bagi pembaca surat kabar, atau karena dapat menarik para pembaca untuk membaca berita tersebut,” kata Williard C. Bleyer.

-William S. Maulsby-

“Suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta-fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian para pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut,”

-Haris Sumadiria.-

“Laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media online,”

-W.J.S. Purwadarminta,-

mengatakan bahwa berita adalah laporan tentang satu kejadian yang terbaru. Kedua pengertian ini menimbulkan pendapat bahwa tidak semua yang tertulis dalam surat kabar atau majalah bisa disebut sebagai berita. Iklan dan resep masakan tidak bisa disebut berita. Yang disebut berita adalah laporan tentang sebuah peristiwa. Dengan perkataan lain, sebuah peristiwa tidak akan pernah menjadi berita bila peristiwa tersebut tidak dilaporkan.

-Willard C. Bleyer-

Berita adalah sesuatu yang termasa ( baru ) yang dipilih oleh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar. Karena itu ia dapat menarik atau mempunyai makana bagi pembaca surat kabar, atau karena ika dapat menarik pembaca – pembaca tersebut.
-Chilton R. Bush-,

berita adalah informasi yang “merangsang”, dengan informasi itu orang biasa dapat merasa puas dan bergairah.

-Charnley-

berita adalah laporan tentang fakta atau pendapat orang yang terikat oleh waktu, yang menarik dan/atau penting bagi sejumlah orang tertentu.

– Willard Grosvenor Bleyer-

“Berita adalah segala sesuatu yang terkait waktu dan menarik perhatian banyak orang dan berita terbaik adalah hal-hal yang paling menarik yang menarik sebanyak mungkin orang (untuk membacanya).”

Nancy Nasution, dalam Basuki (1983 : 1)

Berita adalah hasil rekonstruksi tertulis dari realitas sosial yang terdapat dalam kehidupan. Itulah sebabnya ada orang yang beranggapan bahwa penulisan berita lebih merupakan pekerjaan merekonstruksikan realitas sosial ketimbang gambaran dari realitas itu sendiri. Bagaimanapun, tidak ada seorang pun yang sanggup merekonstruksikan realitas sosial memiliki empat muka, maka yang sering diungkap para wartawan hanya dua muka.

-sebuah berita sudah pasti suatu informasi, tetapi suatu informasi belum tentu sebuah berita. hal ini dikarenakan informasi baru dapat dikatakan berita apabila suatu informasi memiliki unsur-unsur yang mempunyai “nilai berita atau nilai jurnalistik” dan disebarluaskan pada khalayak.-

Daftar Pustaka : http://www.ghazwanunx.web.ugm.ac.id/nunk-wp/?p=15

http://prejour.wordpress.com/2009/11/12/berita-adalah/

http://mkbi.multiply.com/journal/item/19